Subscribe:

Pages

Rabu, 06 April 2011

Pengertian CPU dan Fungsinya

CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
Pin mikroprosesor Intel 80486DX2.
Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut:
Unit kontrol (Control Unit)
Unit kontrol ini adalah bagian dari prosesor yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmathic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:

• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
• Mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.

Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. jika dianalogikan, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

ALU
ALU merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).

* CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.

Cara Kerja CPU

Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

Fungsi CPU

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.

By. Edukasi


Soal :
1. Apa kepanjangan dari CPU ?
2. Jelaskan pengertian dari CPU !
3. Jelaskan pengertian dari Mikroprosesor ?
4. Jelaskan pengertian dari kontrol unit !
5. Apa kepanjangan dari ALU ?
6. Sebutkan tugas dari unit kontrol !
7. Jelaskan pengertian dari Register ?
8. Jelaskan pengertian dari ALU !
9. Sebutkan tugas utama dari ALU !
10. Sebutkan tugas lain dari ALU !
11. Jelaskan fungsi utama dari CPU !
12. Apa yang dimaksud dengan CPU Interconnections ?

30 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks infonya, begitu detail dan begitu mudah tuk difahami. :)

Pusat Service Komputer & Laptop

dhablank adventures mengatakan...

thank to information

Unknown mengatakan...

puyeng

Bundet mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
jejak blogger mengatakan...

terima kasih gan.sudah jelasin artikel mengenai

Apa Itu CPU | Struktur CPU | Kegunaan CPU

Bundet mengatakan...

mantaps gan, oya bagi yang butuh tambahan referensi tentang cpu, seperti mengenal design khusus (class-class cpu) silakan mampir kemari gan,

Pranala--> MENGENAL CPU (Central Processing Unit)

Ferdi mengatakan...

terima kasih ini sangat membatu saya,,
artikel yang bagus

http://cbs-bogor.net/

Unknown mengatakan...

Misi gan, izin share ya...
Kami menjual Samsung LED 22"

Samsung LED 22" - LS22D300HY w/ HDMI
Price Rp 1.735.000

SPESIFIKASI
Screen Size : 21.5"
Aspect Ratio : 16:9
Panel Type : TN
BLU Type : LED
Brightness : 200cd/m2
Contrast Ratio : 600:1 (Typ)
Dynamic Contrast Ratio : Mega ∞
Resolution : 1920x1080
Response Time : 5ms
Viewing Angle (H/V) : 90°/65°
Color Support : 16.7 M

Kunjungi web kami untuk produk lainnya

Pusat Belanja Komputer

Terimakasih :)

informasi mengatakan...

thx infonya
visit
Belanja di Elevenia Gratis Voucher 1 Juta
Kursus Online
Kursus Online Bersertifikat di Indonesia

Unknown mengatakan...

I definately enjoy every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff of your blog a must read blog

RCA Sparepart Motor Harga Terjangkau Dengan Kualitas Terbaik Di Indonesia
REXCO Anti Karat WD-40 VS REXCO 50
Manfaat Yoghurt Heavenly Blush Untuk Kesehatan
Tampil Percaya Diri dengan Rambut Sehat dan Bebas Botak
Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life
Milna Bubur Bayi Organik, MPASI Terbaik untuk Si Kecil

Unknown mengatakan...


Hi there, I do think your website may be having internet browser compatibility issues.
Whenever I take a look at your website in Safari, it looks fine but when opening in I.E., it
has some overlapping issues. I just wanted to give you a
quick heads up! Aside from that, great blog!
Interior Rumah
Tas Murah
souvenir pernikahan unik
undangan pernikahan
undangan nikah

informasi mengatakan...

thx for information...

visit
Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

informasi mengatakan...

Good..thx..

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak

informasi mengatakan...

Thx for information

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

admin mengatakan...

owh ini yang di cari thanks
grosir aksesoris kalung

admin mengatakan...

Terimakasih informasinya sangat bermanfaat
kalung korea
aksesoris kalung
grosir aksesoris korea
aksesoris korea
grosir aksesoris korea
aksesoris kalung

Unknown mengatakan...

Mantab infonya
Jual Jam dinding unik Special untuk lebih jelas silakan ke Website www.logikaonlineshop.com
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Dicoba

Cara Saya Web.Id

riotic84 mengatakan...

Terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali

SCPDATA

Anonim mengatakan...

Ask him about his new habits and interests. When you discover new things about your partner,Click here

Go beauty hub mengatakan...


Nice post keep sharing such a great info
Abu Dhabi carpet
Carpet

carpetflooring mengatakan...


Thanks For Sharing
Carpet Flooring

Guest mengatakan...


very informative and creative ideas love it.
Office Curtains
Abu Dhabi Curtain
Home Curtains

Unknown mengatakan...

hi,
excellent information about cpu and their overall function.
thanks for sharing.

اوائل المثالى mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
glaobal mengatakan...


I found it very explanatory and informative, thank you very much for sharing your knowledge and wisdom with us.

Pinbahis
Hiltonbet
Jojobet
İmajbet
Aresbet
Maltcasino
Marsbahis
Trendbet





Unknown mengatakan...

nice post thx sir

Venüsbet
Venüsbet
Grandbetting
Grandbetting
Galabet
Aresbet
Maltcasino
Meritking

Kevin mengatakan...

The type of article you describe is exactly what I was looking for .Turkey visa for Australia is simply a visa for Australian citizens with the help of this visa Australian people visit the turkey.

Anonim mengatakan...

tül perde modelleri
sms onay
türk telekom mobil ödeme bozdurma
nft nasıl alınır
ankara evden eve nakliyat
TRAFİK SİGORTASI
dedektör
web sitesi kurma
Ask romanlari

Lucas mia mengatakan...

Hello friends , I hope things are going well for you. Vietnam Visa is a document that allows foreigners to enter and stay in Vietnam for a specific period of time. There are several types of visas including tourist, business and transit visas. Application Process Online, You can apply in person. Please visit if you want to know more.

Posting Komentar

Guestbox

chatingan Yuk.....