Subscribe:

Pages

Rabu, 27 April 2011

Latihan 2

1. Bagaimana cara membuat kolom pada Ms. Excel ?
2. Bagaimana cara membuat nomor urut secara otomatis ?
3. Bagaimana cara membuat format rupiah (RP) ?
4. Bagaimana cara membuat data/teks vertical pada beberapa cell atau range ?
5. Bagaimana cara membuat tanggal ?

Latihan 1

1. Apa yang dimaksud dengan Ms. Excel ?
2. Apa yang digunakan untuk meratakan kanan dan kiri pada Ms. Excel ?
3. Berapakah jumlah kolom pada Ms. Excel ?
4. Berapakah jumlah baris pada Ms. Excel ?
5. Apa yang dimaksud dengan Sheet pada Ms. Excel ?
6. Apa yang dimaksud dengan Cell pada Ms. Excel ?
7. Apa yang dimaksud dengan Range pada Ms. Excel ?
8. Bagaimana cara menambahkan lembar kerja serta mengganti nama lembar kerja ?
9. Bagaimana cara menghilangkan garis bantu (gridlines) ?
10. Bagaimana cara memulai Ms. Excel ?

Selasa, 19 April 2011

Latihan 10

1. Alat yang berfungsi untuk menyambungkan komputer dengan media internet disebut !
2. Apa yang dimaksud dengan Internet ?
3. Apa kepanjangan dari WWW ?
4. Apa yang dimaksud dengan World Wide Web ?
5. Sebutkan jenis-jenis browser yang sering digunakan !
6. Apa yang dimaksud dengan Internet Explorer ?
7. Apa yang dimaksud dengan E-mail ?
8. Apa yang dimaksud dengan Mailserver ?
9. Apa perbedaan Non free e-mail dengan Free e-mail ?
10. Apa yang dimaksud dengan Browsing atau Surfing ?
11. Apa yang dimaksud dengan Mailing List ?
12. Apa yang dimaksud dengan Chatting ?
13. Apa yang dimaksud dengan Download ?
14. Apa yang dimaksud dengan Upload ?
15. Apa yang dimaksud dengan Back ?
16. Apa yang dimaksud dengan Refresh ?
17. Apa yang dimaksud dengan Mail ?
18. Apa yang dimaksud dengan Home ?
19. Sebutkan fasilitas yang ada di Internet !
20. Bagaimana cara untuk memperbanyak jendela internet dalam satu komputer ?

Latihan 09

1. Apa yang dimaksud dengan VGA ?
2. Apa yang dimaksud dengan ROM ?
3. Apa yang dimaksud dengan RAM ?
4. Apa kepanjangan dari VGA, ROM, dan RAM ?
5. Apa nama alat media untuk menampikan program-program yg sedang aktif atau untuk
menampilkan data yg kita masukkan ke komputer ?
6. Apa nama alat kecil yg akan digunakan untuk memberikan intruksi ke komputer ?
7. Alat yang berfungsi untuk memasukkan data ke komputer yang juga untuk memberi intruksi
ke komputer disebut !
8. Alat yang dapat mencetak dokumen yg diolah dikomputer disebut !
9. Alat yg dapat memproses segala instruksi yang diberikan oleh User disebut !
10. Apa kepanjangan dari ALU dan CU ?

Latihan 08

1. Apa yang dimaksud dengan Tabel ?
2. Bagaimana cara membuat Tabel ?
3. Bagaimana cara merubah style garis pada Tabel ?
4. Apa yang dimaksud dengan Mail Merge ?
5. Apa yang dimaksud dengan PrintScreen or Capture ?
6. Bagaimana cara mengedit gambar pada PrintScreen ?
7. Apa yang dimaksud dengan Multi tasking ?
8. Apa yang dimaksud dengan Multi User ?
9. Sebutkan kelebihan dari Windows ?
10. Sebutkan kelemahan dari Windows ?
11. Apa perbedaan Windows dengan Microsoft Office ?
12. Jelaskan kegunaan program Ms. Word !

Latihan 07

1. Apa yang dimaksud dengan "3-D Style" dan "Shadow Style" ?
2. Bagaimana cara membuat Shadow Style dan 3-D Style ?
3. Apa yang dimaksud dengan Margin ?
4. Bagaimana cara membuat Margin ?
5. Apa yang dimaksud dengan Orientation (letak lebar kerja) ?
6. Bagaimana cara membuat Orientation ?
7. Apa yang dimaksud dengan Paper Size ?
8. Bagaimana cara membuat Paper Size ?
9. Bagaimana cara membuat Page Number (Nomor Halaman) ?
10. Apa yang dimaksud dengan Header and Footer ?
11. Bagaimana cara membuat Header and Footer ?
12. Sebutkan Ukuran kertas pada Paper size Margin !

Kamis, 14 April 2011

Latihan 06

1. Bagaimana cara memulai Microsoft Word ?
2. Apa perbedaan Highlight dengan Font color pada toolbar formating ?
3. Apa yang dimaksud dengan Scroll bar dan kursor ?
4. Apa yang dimaksud dengan Copy dan Cut ?
5. Apa yang dimaksud dengan Undo dan Redo ?
6. Apa perbedaan Save dengan Save As ?
7. Bagaimana cara membuka dokumen ?
8. Bagaimana cara membuat lembar kerja baru ?
9. Apa yang dimaksud dengan Page pada Ms. Word ?

Minggu, 10 April 2011

Mengapa Bahasa Inggris dan Komputer…???

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional dimana kita dituntut dapat menguasai baik lisan maupun tulisan.
Komputer dapat dikatakan sebagai alat menghitung karena seberapa cepat computer dapat melakukan proses dari perintah yang diberikan oleh pengguna.
Komputer adalah bukan alat yang asing bagi masyarakat luas terutama di dunia kerja.
Setiap orang atau pekerja pasti akan berhubungan dengan computer.
Saat ini dunia pendidikan dasar sampai perguruan tinggi diadakan pelatihan atau pelajaran bahasa inggris dan computer yg bertujuan untuk dapat bekerja secara maksimal atau dapat diserap oleh dunia kerja, oleh karena itu sekolah sebagai tonggak terpenting di dalam pendidikan di Indonesia seyokyanya meningkatkan atau menambah keterampilan dasar kepada siswa/I sekolah khususnya bahasa inggris dan Teknologi Informasi Komputer.
Melihat kondisi tersebut kami OXFORD UTOMO English Institute Jakarta menyelenggarakan pelatihan/kursus Bahasa Inggris Komputer yang secara umum saat ini di butuhkan bagi putra putri kita supaya dapat meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa Inggris dan menggunakan Komputer.
OXFORD UTOMO telah berdiri sejak tahun 1983dan menyelenggarakan program program pelatihan atau kursus kursus untuk berbagai kalangan dan berbagai tujuan untuk membentuk bangsa Indonesia menjadi anak yang bisa siap kerja dan trampil, dan siap di tempatkan dimana saja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Didalam program kursus Bahasa Inggris kami memberikan pelatihan untuk siswa/i dapat berbicara bahasa inggris dengan baik maupun tulisan didalam kursus, dan Pelatihan kursus Komputer untuk program MS. Office yang terdiri dari Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point dan ditambah internet. Di dalam program kursus ini juga kami memberikan pelatihan 10 (sepuluh) jari yang menjadi satu kesatuan didalam program paket kursus yang kami tawarkan.. Selain itu, kami juga dapat menyelenggarakan kursus atau pelatihan khusus untuk pengetikan 10 (sepuluh) jari atau blind typed system.

Dan untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi pihak kami.
OXFORD UTOMO E.I Jakarta
Jl. Kebantenan III No. 3 Jakarta Utara
Phone : 021-4403073
E-mail : oxfordutomo@yahoo.com
http://oxfordutomo.blogspot.com/

SIGN UP NOW
The future is yours

FUN & GLORY
EDUCATION

Rabu, 06 April 2011

Cara Menghilangkan Virus dan Mengembalikan Data di Flash Disk

Makin meningkatnya penggunaan flash disk, membuat pembuat virus mengalihkan sasarannya ke media penyimpanan yang simple tersebut, bukan hanya menanamkan virus tetapi juga efek yang dihasilkan beraneka ragam, salah satunya isi yang ada di flash disk, seperti file atau folder disembunyikan (Hidden). Gimana cara menanggulangi kasus tersebut?, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini.

A. Menghilangkan virus
Langkah pertama :
1. Pastikan anti virus terupdate
2. Masukkan flash disk ke PC atau Laptop
3. Jangan membuka kotak dialog yang muncul ketika flash disk dimasukkan ke
komputer atau laptop.
Langkah kedua :
1. Buka windows Explorer atau My Computer
2. Klik kanan mouse di posisi drive flash disk, biasanya F:
3. Kemudian pilih scan virus sesuai anti virus yang digunakan ("ingat", biasakan
antivirus terupdate

B. Mengembalikan data
Setelah virus benar-benar hilang dari flash disk, sekarang saatnya mengembalikan
data yang disembunyikan (Hidden). Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Command Prompt, bisa dengan cara klik Start-Run-ketik cmd atau command
(untuk Windows 98/ME)
2. Setelah terbuka jendela command prompt, kemudian ketik attrib-h-r-s-a/s/d f:
(dengan catatan berada di drive C, sebagai contoh : C:\Documents and
Settings\Papa>attrib-h-r-s-a/s/d f:)
3. Lalu setelah perintah tersebut diketikkan, kemudian enter
4. Apabila langkah no 2 tidak berhasil, anda pindahkan posisinya dari drive C
ke drive flash disk (biasanya F), untuk memindahkan posisi drive, ikuti
langkah berikut, apabila posisi flash disk dikomputer atau laptop ada di drive
F, maka (sebagai contoh): C:\Documents and Settings\Papa> F: kemudian enter
maka akan pindah ke drive F:\>
5. Setelah berada di posisi drive flash disk kemudian ketik perintah yang sama
dengan langkah no 2, namun untuk f: yang berada di belakang dihilangkan,
sebagai contoh : F:\>attrib-h-r-s-a/s/d, kemudian enter.
6. Sesudah proses tersebut, sekarang coba cek folder atau file yang ada di
flash disk

By. Edukasi


Soal :
1. Apa yang dimaksud dengan Hidden ?
2. Kemanakah pembuat virus mengalihkan sasarannya yang dihasilkan
beraneka ragam virus ?
3. Sebutkan kegunaan dari Flash disk !
4. Bagaimana cara Menghilangkan virus ?
5. Bagaimana cara Mengembalikan data dari Flash disk ?

Pengertian CPU dan Fungsinya

CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
Pin mikroprosesor Intel 80486DX2.
Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut:
Unit kontrol (Control Unit)
Unit kontrol ini adalah bagian dari prosesor yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmathic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:

• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
• Mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.

Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. jika dianalogikan, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

ALU
ALU merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).

* CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.

Cara Kerja CPU

Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

Fungsi CPU

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.

By. Edukasi


Soal :
1. Apa kepanjangan dari CPU ?
2. Jelaskan pengertian dari CPU !
3. Jelaskan pengertian dari Mikroprosesor ?
4. Jelaskan pengertian dari kontrol unit !
5. Apa kepanjangan dari ALU ?
6. Sebutkan tugas dari unit kontrol !
7. Jelaskan pengertian dari Register ?
8. Jelaskan pengertian dari ALU !
9. Sebutkan tugas utama dari ALU !
10. Sebutkan tugas lain dari ALU !
11. Jelaskan fungsi utama dari CPU !
12. Apa yang dimaksud dengan CPU Interconnections ?

Penemu Internet Google

merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008) Filosofi Google meliputi slogan seperti “Don’t be evil”, dan “Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”, menggambarkan budaya perusahaan yang santai.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
Sejarah Google
Google dimulai sebagai sebuah proyek pencarian pada Januari 1996 oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa Ph. D. di Universitas Stanford, California. Mereka menghipotesiskan bahwa sebuah mesin pencari yang menganalisa pereratan antara website dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada, yang menilai hasil berdasarkan jumlah pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman. Mesin pencari mereka disebut “BackRub” karena pranala kembali sistemnya dapat memperkirakan pentingya sebuah situs. Sebuah mesin pencari kecil bernama Rankdex telah menggunakan strategi yang sama. Diyakini bahwa halaman dengan pranala lebih banyak dari halaman web yang relevan merupakan halaman paling relevan yang dikaitkan dengan pencarian, Page dan Brin menguji tesis mereka sebagai bagian dari pembelajaran mereka, dan mendirikan tumpuan untuk mesin pencari mereka. Aslinya, mesin pencari tersebut menggunakan website Universitas Stanford dengan domain google.stanford.edu. Domain google.com diregistrasikan tanggal 15 September 1997, dan perusahaan ini berdiri dengan nama Google Inc. tanggal 7 September 1998 pada sebuah garasi rumah di Menlo Park, California. Investasi awal yang diperoleh untuk perusahaan baru ini bernilai hampir $1,1 juta, termasuk sebuah cek senilai $100.000 dari Andy Bechtolsheim, salah seorang pendiri Sun Microsystems.
Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini.
Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya.

Nama: Lawrence (Larry) Page Lahir: Lansing, Michigan, AS, 26 Maret 1973 Status: Pendiri dan menjabat sebagai Presiden Produk-produk Google Inc Kekayaan bersih: 18,5 miliar dollar AS (2007), nomor lima terkaya di AS bersama Sergey berdasarkan majalah Forbes, Maret 2007 Sekolah: SD, SMP Montessori, Lansing, Michigan. SMA dari East Lansing. Sarjana Muda dari University of Michigan bidang teknik komputer, gelar master dari Stanford University Penghargaan: Global Leader for Tomorrow dari The World Economic Forum
Nama: Sergey Brin Lahir: Moskow, Rusia, 21 Agustus 1973. Pada 1979 keluarganya bermigrasi ke Maryland, AS Sekolah: SD, SMP di Paint Branch Montessori School, Adelphi, Maryland. SMA di Eleanor Roosevelt, gelar master dari University of Maryland, bidang matematika. Dia mendapat beasiswa dari National Science Foundation untuk belajar di Stanford University, bidang komputer. Sama seperti Larry, ia meninggalkan program doktor untuk mendalami Google Penghargaan: Januari 2005 ia bersama Larry Page dinominasikan sebagai Young Global Leaders oleh World Economic Forum. Tahun 2007 ia dinyatakan sebagai nomor satu dari 50 orang terpenting di web Istri: Anne Wojcicki, menikah di Bahamas, 2007.

Sumber :masisnanto.blogdetik.com Wikipedia.org

Penemu Internet "Blogger and Twitter"

Evan Williams: penemu istilah 'Blogger' dan Twitter
Siapa yang berani menyalahkan Evan Williams. Para konglomerat yang telah menggelontorkan ratusan dolar pun tak sanggup menyalahkan Williams.
Ia masih belia. Usianya baru 37 tahun. Sejarah Internet sudah dua kali menulis namanya dengan tinta emas. Dialah penemu istilah “blogger” sekaligus pencipta situs Blogger.com–yang akhirnya dibeli Google. Dia pula peletak fondasi situs mikroblog, yang cuma mengandalkan komunikasi dengan 140 huruf, yakni Twitter.
Sudah tiga tahun, sejak Williams dan Biz Stone mendirikan Twitter pada 2006, Twitter belum mencetak uang. Tapi itu tak membuatnya panik setitik pun.

“Ini menggelikan,” kata William dengan tawa renyah. “Semua orang bertanya, bisnis macam apa ini.” Tiga tahun bekerja, tiga tahun menyedot perhatian puluhan juta pengguna, tapi mereka tak menghasilkan uang. Kalau orang Betawi melihat bisnis dua lelaki yang tak lulus kuliah itu pasti geleng-geleng dan berkata. “Bahkan jualan kambing bandot pun lebih jelas model bisnisnya.”
Tapi Twitter jelas bukan bisnis ala pedagang kambing akikah. Hari ini memborong kambing, besok atau lusa melegonya. “Mencetak uang bukanlah prioritas tertinggi jika Anda membangun bisnis dengan nilai yang bisa bertahan dalam jangka panjang,” kata William.
Selama tiga tahun berdiri ini, Twitter lebih terlihat sebagai sensasi kultural ketimbang sebuah bisnis. Twitter telah meraih 55 juta pelanggan–lima negara terbanyak penggunanya adalah Amerika Serikat, Inggris, Brasil, Spanyol, dan Indonesia (sungguh mengejutkan!). Mereka berkomunikasi dari urusan remeh-temeh, seperti @sherinamunaf (ini nama akun di Twitter) yang asyik meledek pacarnya @radityadika, sampai urusan gempa di Padang, protes di Iran, dan bantuan untuk banjir di Filipina. Williams dan Stone tak terlihat terburu-buru menyulap situs itu menjadi mesin uang.
Mungkin Williams dan Stone mengikuti jejak Google. Goliath Internet itu selama bertahun-tahun tak jelas model bisnisnya. Memasang iklan baris–betapa kunonya sebenarnya dibandingkan dengan iklan banner ala Yahoo!–selama bertahun-tahun tanpa tujuan yang jelas. Google juga membeli situs blog, Blogger, milik Williams walau tak ada pengiklan yang mau pasang. Sebelum mereka untung, Google akhirnya meraih kucuran modal ventura sebesar US$ 25 juta (sekitar Rp 235 miliar) pada 1999.
Prestasi Twitter lebih baik daripada Google pada 1999. Saat ini mereka telah mendapat gerojokan modal US$ 100 juta (Rp 940 miliar). Para pemodal itu ternyata juga tak kalah “gendeng”. Mereka tak meminta Twitter segera untung. “Saya lebih tertarik memikirkan bagaimana kami meraih 100 juta atau lebih pelanggan ketimbang berpikir cara mendapatkan uang,” kata Fred Wilson, pemilik Union Square Ventura, sekaligus pendukung pertama Twitter. Wow, betapa nikmatnya.
Mengapa di Indonesia tak banyak orang “gendeng” yang berani membiayai inventor-inventor belia seperti di Negeri Abang Sam sono, ya? Seandainya di Indonesia ada orang seperti Fred Wilson ataupun pemodal-pemodal yang membiayai Bill Gates atau Steve Jobs, Indonesia tak akan cuma jadi “target pasar” inovasi seperti Microsoft, Facebook, dan Twitter. Situs koprol.com mungkin bisa seterkenal Twitter. Pesta Blogger 2009 akan penuh anak-anak muda dengan otak brilian.

by. Edukasi

Hardware "Buses" pada komputer

PENGERTIAN BUSES DAN SISTEM BUSES PADA KOMPUTER
Bus merupakan lintasan komunikasi yang menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer. Karakteristik penting sebuah bus adalah bahwa bus merupakan media transmisi yang dapat digunakan bersama. Sejumlah perangkat yang terhubung ke bus dan suatu sinyal yang ditransmisikan oleh salah satu perangkat ini dapat ditermia oleh salah satu perangkat yang terhubung ke bus. Bila dua buah perangkat melakukan transmisi dalam waktu yang bersamaan, maka sinyal-sinyalnya akan bertumpang tindih dan menjadi rusak. Dengan demikain, hanya sebuah perangkat saja yang akan berhasil melakukan transimi pada suatu saat tertentu.
Umumnya sebuah bus terdiri dari sejumlah lintasan komunikasi atau saluran. Masing-masing saluran dapat mentransmisikan sinyal yang menunjukkan biner 1 dan biner 0. Serangkaian digit biner dapat ditransmisikan melalui saluran tunggal. Dengan mengumpulkan beberapa saluran dari sebuah bus, dapat digunakan mentransmisikan digit biner secra bersamaan (paralel). Misalnya sebuah satuan data 8 bit dapat ditransmisikan melalui bus delapan saluran.
Sistem komputer terdiri dari sejumlah bus yang berlainan yang menyediakan jalan antara dua buah komponen pada bermacam-macam tingkatan hirarki sisterm komputer. Sebuah bus yang menghubungkan komponen-komponen utama komputer (CPU, memori, input/output) disebut bus sistem. Struktur interkoneksi komputer yang umum didasarkan pada penggunaan satu bus sistem atau lebih.
STRUKTUR BUS
Sebuah bus sistem terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah. Masing-masing saluran ditandai dengan arti dan fungsi khusus. Walaupun terdapat sejumlah rancangan bus yang berlainan, fungsi saluran bus dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu saluran data, saluran alamat, dan saluran kontrol. Selain itu, terdapat pula saluran distribusi daya yang memberikan kebutuhan daya bagi modul yang terhubung.

by. Edukasi

Hardware "Motherboard" pada Komputer

Pengertian Motherboard beserta komponennya

Motherboard adalah tulang punggung dari komputer yang berfungsi sebagai penyalur arus data dari Processor, RAM, VGA, Harddisk, Audio, Dan periferal lainnya...


Mari kita bahas motherboard desktop, yg banyak kita gunakan sehari-hari...

sebuah Processor yang cepat atau RAM yang berkapasitas banyak, tidak akan berfungsi sempurna jika motherboard yang dipakai tidak stabil / memiliki kinerja yang buruk...


Yang beredar dipasarang saat ini adalah Motherboard yang mendukung processor INTEL & AMD

Dalam sebuah motherboard terdapat struktur sebagai berikut...(dalam gambar adalah Platform Socket A)

-Socket CPU , yaitu tempat untuk memasang sebuah Processor
-Slot AGP, tempat untuk memasang VGA card / display card yang berfungsi untuk menghubungkan ke monitor
-Slot PCI, menambahkan berbagai periferal, seperti, Sound Card, Modem, Ethernet Card, DLL
-Slot RAM, berbagai variasi slot RAM, mulai dari SDRAM, RAMBUS, DDR SDRAM, DDR2-SDRAM, DDR3,SDRAM
-Slot IDE, yang berfungsi menghubungakn HardDisk kedalam motherboard, oleh kabel RIBBON
-Slot Floppy, untuk menghubungkan ke Flopy Disk Drive / Disket
-ATX Conektor, suplay daya dari Power Suplay

Dalam sebuah motherboard, yang paling penting adalah Chipset, yang berfungsi seberapa besar bandwidth memory / lebar jalur arus data yang menghubungkan ke berbagai komponen..

by. Edukasi

Pengertian Software dan Fungsi Software

Pengertian Dan fungsi Software
Pengertian software secara harfiah adalah piranti lunak; perangkat lunak; program komputer. Istilah baku software dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak. Software adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komuter dalam menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Selain itu, software juga merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Data yang disimpan ini dapat berupa program atau intruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, di antaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai sesuatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh televisi, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam di atas kaset atau compact disc (CD), data di atas kertas , serta cerita ataupun uraian yang ada di dalam sebuah buku.

Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Software dapat pula di artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya.



Fungsi Software:
• Mengidentifikasi program,
• Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan terkontrol,
• mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien

by. Edukasi

Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Internet

Perangkat Keras Untuk Internet
1. PC (Personal Computer)
PC atau Personal Computer merupakan komponen utama yang dibutuhkan untuk internet sebelum komponen-komponen pendukung lainnya. Pengertian PC sendiri adalah komputer pribadi. Pengertian tersebut berasal dari kepanjangan PC

2. NIC (Network Interface Card)
NIC atau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tanpa alat ini, semua perangkat keras luar untuk internet tidak akan berfungsi baik.

3. Modem
Kata modem berasal dari kata modulator dan demolator. Jadi untuk mengetahui apa itu modem, kita harus mengetahui dulu apa itu modulator dan demolator. Modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Jadi, modem adalah alat komunikasi dua arah.

4. Kabel LAN
Kabel LAN merupakan kabel yang menghubungkan antara unit komputer dan modem. Jadi, jika kabel LAN sudah terpasang bisa dipastikan anda sudah bisa langsung berinternet ria.

CATATAN : Dalam artikel ini saya tidak membahas secara keseluruhan tentang perangkat keras yang digunakan untuk dihubungkan ke internet. Saya hanya membahas tentang perangkat keras yang biasanya sering terlihat ketika berinternet, terkecuali NIC.

Sumber : "http://www.cbot59.co.cc

Pengertian Internet

1. PENGERTIAN INTERNET

Internet berasal dari kata Interconnection Networking. Inter kependekan dari Internasional, Connection berarti Hubungan, dan Networking adalah Jaringan.
Sehingga internet merupakan sistem komunikasi yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan computer diseluruh dunia. Media internet adalah sebuah jaringan computer yang dapat diakses setiap saat. Untuk dapat bekerja melalui internet user harus tersambung dengan sebuah jaringan baru dapat diakses melalui telpon ataupun media lain. Yang dapat dilakukan di internet misalnya menjelajah (browsing, chatting, download dan bahkan dapat bermain games dengan seluruh user dimanapun yang tersambung dengan sebuah jaringan Internet.

A. FASILITAS INTERNET

• Browsing atau Surfing, yaitu kegiatan “berselancar” di internet.
Searching yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet,
Contoh : Google dan lain lain.
• E-mail, kita dapat saling berkirim surat secara elektronik
• Mailing list, salah satu fasilitas untuk berdiskusi melalui e-mail dan dapat
Bertukar surat atau pesan.
• Chatting, kegiatan berkomunikasi dengan orang lain di internet.
• Download, proses mengambil file dari computer lain melalui internet ke
Computer kita.
• Upload, proses meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui
internet

2. PENGERTIAN “WWW” (Word Wide Web)

Word Wide Web (WWW) adalah sistem pengiriman dokumen tersebar keseluruh dunia Web menggunakan arsitektur hyperlink yaitu ada kaitan antara satu dokumen web dengan dokumen web lainnya.

3. PENGERTIAN E-MAIL

E-mail merupakan kependekan dari Electronic Mail atau Surat Elektronik.
E-mail merupakan aplikasi yang digunakan untuk saling bertukar pesan atau surat melalui internet antara dua orang atau lebih.Sebuah alamat alamat e-mail umumnya terdiri atas dua bagian utama yaitu nama mailbox dan nama dimana mailbox tersebut berada computer tempat meletakkan mailbox biasanya disebut mailserver.
Setiap pengguna email dapat kita sebut sebagai client dari mailserver.

Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Komputer

Perangkat keras komputer (Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum. Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
• Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
o RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
o Buses:
 Bus PCI
 Bus ISA
 USB
 AGP
o ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
o CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
• Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas
• Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
• Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
• Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
• Beberapa jenis penyimpanan komputer:
o CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
 CD-ROM
 CD-RW
 CD-R
o DVD
 DVD-ROM
 DVD-RW
 DVD-R
o Floppy disk
• Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
o Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
o Disk array controller
• Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
• Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
o Modem - media penyambung ke koneksi internet.
o Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
• Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
• Input
o Keyboard
o Alat penunjuk
 Mouse
 Trackball
o Joystick
o Gamepad
o Scanner gambar
o Webcam
o Tablet Grafis
• Output
o Printer
o Speaker
o Monitor
• Jaringan/Networking
o Modem
o kartu network

by. Edukasi

Pengertian Komputer

1. Pengertian Komputer

A.Komputer dapat dikatakan sebagai perangkat elektronik yang canggih berguna untuk membantu mempermudah berbagai bidang pekerjaan yang dihadapi oleh manusia. Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu "computare" dan dalam bahasa inggris"to compute" yang berarti menghitung. Komputer dapat dikatakan sebagai alat menghitung karena seberapa cepat komputer dapat melakukan proses dari perintah yang diberikan oleh pengguna.
Beberapa ahli memberikan pengertian mengenai definisi komputer antara lain :
1. Blissmer (1985) Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input,memperoses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah perintah dan hasil pengolahnya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
2. Sanders (1985)
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah salah satu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan serta bekerja secara otomatis.

B. Komponen Pokok Komputer
1. Hardware (Perangkat Keras)
contoh : CPU (Central Processing Unit), Monitor (Layar), Mouse, Keyboard, Printer, Sound, dll.
2. Software (Perangkat Lunak)
contoh : Windows XP, Microsoft Word, Corel Draw, dll.
3. Brainware (Pengelola Sistem)
Merupakan orang yang merancang sistem, membuat or mengembangkan program misalnya kita yang sedang menjalankan computer or menggunakan untuk keperluan masing-masing.

C. Sistem Kerja Komputer
Input....Proses....Output

2. Cara Menghidupkan Komputer
1. Pastikan seluruh kabel sudah terhubung
2. Tekan tombol power pada CPU dan monitor (biasanya pada CPU tombol yang besar).
3. Tunggu beberapa saat computer sedang melakukan proses booting (mengecek pheripheral).
4. Apabila computer menggunakan user name, untuk dapat login maka masukkan username pengguna dan ketikkan password bila
diperlukan.
5. Tunggu sampai tampilan desktop muncul dan computer siap untuk digunakan.

3. Cara Mematikan Komputer
1. Klik menu start
2. Klik trun off computer
3. Klik trun off
4. Tunggu beberapa saat, lalu matikan tombol monitor dan cabut kabel yang terhubung dengan listrik.

4. Pengertian Desktop
Setelah komputer dihidupkan atau diaktifkan maka tampilan yang pertama akan muncul disebut "Desktop".

Latihan 01

1. Apa yang dimaksud dengan Komputer ?
2. Sebutkan komponen pokok dari komputer ?
3. Apa yang dimaksud dengan Hardware, Software, Brainware ?
4. Apa kepanjangan dari CPU dan jelaskan ?
5. Bagaimana cara kerja computer ?
6. Sebutkan perangkat keras dan perangkat lunak masing-masing 5
dari computer ?
7. Bagaimana cara menghidupkan computer ?
8. Bagaimana cara mematikan computer ?
9. Apa yang dimaksud dengan Desktop ?
10. Bagaimana cara memulai Ms. Word ?

Latihan 02

1. Apa yang dimaksud dengan Ms. Word ?
2. Sebutkan macam-macam toolbar pada Ms.Word yang kamu ketahui !
3. Sebutkan 5 contoh Menu bar !
4. Sebutkan 5 toolbar standard pada Ms. Word !
5. Sebutkan 5 toolbar formatting pada Ms. Word !
6. Apa yang dimaksud dengan Undo dan Redo ?
7. Apa perbedaan save dengan save as ?
8. Apa yang dimaksud dengan aligment ?
9. Sebutkan 4 aligment dan jelaskan !
10. “OXFORD UTOMO"
Untuk menggunakan tulisan huruf seperti diatas menggunakan

Latihan 03

1. Untuk mengubah ukuran huruf pada Ms. Word menggunakan ?
2. Apa yang dimaksud dengan Icon ?
3. Apa yang dimaksud dengan folder ?
4. Apa saja kelebihan pada Windows ?
5. Apa saja kelemahan pada Windows ?
6. Apa yang dimaksud dengan Operating System ?
7. Apa yang digunakan jika tulisan huruf di beri garis bawahi,
Tulisan miring, dan Tebal ?
8. Apa yang dimaksud dengan Center pada aligment ?
9. Apa yang digunakan jika tulisan huruf ingin dibesarkan dan
dikecilkan ?
10. Untuk mengembalikan perintah sebelumnya dengan
Menggunakan !
11. Untuk mengulangi perintah satu langkah dibelakang dengan
menggunakan !

Latihan 04

1. Apa yang dimaksud dengan Teks Effek ?
2. Apa yang dimaksud dengan Line Spacing ?
3. Apa yang dimaksud dengan Kolom Koran ?
4. Apa yang dimaksud dengan Dropcap ?
5. Apa yang dimaksud dengan Borders and Shading ?
6. Apa yang dimaksud dengan Bullets and Numbering ?
7. Apa yang dimaksud dengan Autoshape ?
8. Apa yang dimaksud dengan Wordart ?
9. Apa yang dimaksud dengan Clipart ?
10. Apa yang dimaksud dengan Layout ?
11. Apa yang dimaksud dengan Fill color ?
12. Apa yang dimaksud dengan Fill effect dan berikan contohnya ?
13. Untuk memperbesar dan memperkecil ukuran kertas disebut !
14. Apa yang dimaksud dengan title bar dan status bar ?

Latihan 05

1. Bagaimana cara membuat Teks Effect dan berikan 2 contohnya ?
2. Untuk jarak spasi dengan menggunakan (1.0, 1.5, 2.0 ) disebut !
3. Untuk membuat 2 kolom dengan garis disebut !
4. Fasilitas yang digunakan untuk membuat satu atau beberapa huruf pada awal paragraph lebih besar dibandingkan dengan huruf yang lain disebut !
5. Bagaimana cara membuat page border ?
6. Bagaimana cara membuat Word art ?
7. Bagaimana cara membuat Autoshape ?
8. Bagaimana cara membuat Clipart ?
9. Bagaimana cara membuat Fill color pada Autoshape ?
10. Bagaimna cara membuat Fill effect 2 color pada Wordart ?
11. Sebutkan 4 katageri dari fill effect !
12. Bullets digunakan untuk ………. .Dan Numbering digunakan untuk ……………..
13. OXFORD UTOMO tulisan disamping menggunakan warna yang Disebut !
14. Apa yang dimaksud dengan :
-. In line with text
-. Square
-. Tight
-. Behind text
-. In front of text

Praktek

Praktek 1 Ms. Word

1. Sebutkan cara membuat WordArt ?
2. Sebutkan cara membuat ClipArt ?
3. Sebutkan cara membuat Autoshape ?
4. Sebutkan cara membuat Bullets ?
5. Sebutkan cara membuat Dropcap ?


Praktek 2 Ms. Word

1. Sebutkan cara membuat Teks Effect ?
2. Sebutkan cara membuat Borders and Shading ?
3. Sebutkan cara mewarnai pada Autoshape ?
4. Sebutkan cara mewarnai pada WordArt ?
5. Sebutkan cara membuat penempatan Autoshape pada dibelakang teks ?

Praktek 3 Ms. Word

1. Sebutkan cara membuat Margin ?
2. Sebutkan cara membuat Page Number (Nomor halaman) ?
3. Sebutkan cara membuat Tabel ?
4. Sebutkan cara membuat line spacing ?
5. Sebutkan cara mengambil gambar pada objek computer ?

Praktek 4 Ms. Excel

1. Sebutkan cara membuat Tabel ?
2. Sebutkan cara merubah nama pada Lembar Kerja (sheet) ?
3. Sebutkan cara menghilangkan Garis Bantu ?
4. Sebutkan cara membuat nomor urut secara otomatis ?
5. Sebutkan cara membuat format rupiah ?

Praktek 5 Ms. Power Point

1. Apa yang dimaksud dengan Ms. Power Point ?
2. Sebutkan contoh dari content pada Ms. Power Point ?
3. Sebutkan cara menambahkan slide pada Ms. Power Point ?
4. Sebutkan cara membuat slide layout ?
5. Sebutkan cara membuat slide design ?

Guestbox

chatingan Yuk.....